Oleh: Nana Sudiana | 22 Agustus 2008

FENOMENA ARTIS MENJADI CALEG

Pemilu 2009 adalah pemilu para bintang. Bintang apalagi kalau bukan bintang film, sinetron atau mereka yang dipundaknya ada (bekas) bintangnya. Ya, selain para artis yang meramaikan dunia politik Indonesia saat ini ada juga para purnawirawan jenderal yang berada di jajaran elite politik parpol yang turun gunung dalam proses pencalegan.  

 

Tengok saja beberapa artis yang terlibat saat ini seperti Wulan Guritno, Derry Drajat dan Eko Patrio (PAN), Nurul Arifin (Golkar), Adjie Masaid, Komar, Angelina Sondakh (PD), Rieke Dyah Pitaloka (PDIP),  pedangdut Syaiful Jamil, dan Ayu Soraya. Akankah fenomena artis jadi politikus ini sekadar pemanis dan pendulang suara parpol semata.

Saat yang sama, kini, menjelang pemilu 2009, para bekas Jenderal dan purnawirawan banyak meramaikan Partai Politik. Ada yang memang di lamar oleh sebuah Partai, atau memang mereka sendiri yang membuat Partai Politik. Setidaknya tercatat 9 Parpol dimana ada purnawirawan yang ikut dalam kepengurusan parpol. Parpol tersebut antara lain : Partai Karya Peduli Bangsa, Partai Demokrasi Kebangsaan, Partai Golkar, Partai Republik nusantara, Partau Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Hanura, Gerindra, dan PDI-Perjuangan.

Kondisi ini di satu sisi membuat dinamika politik yang ada semakin “segar”, artinya semakin jauh dari stagnasi dan kekakuan rekrutmen kader yang ada, namun di sisi lain justeru memunculkan pertanyaan, bisakah para bintang ini berlaga sebagaiman mereka berada di dunia mereka sebelumnya.

 

Jangan sampai, para bintang ini, hanya “fenomena hiasan”, yang dianggap indah dan menarik namun kurang memiliki makna subtantif.

Semoga.


Responses

  1. tulisannya cukup bagus, tlong komentari program yang sdang dilaksaakan di negara ini seperti pnpm mandiri perdesaan..
    tks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: