Oleh: Nana Sudiana | 25 Juni 2008

HASIL PILGUB JATENG ; GOLPUT MENANG MELAWAN 5 CALON

Golput ternyata menang di Pilgub Jateng. Bayangkan saja, hasil quick count pemenang pilgub, Bibit-Rustri hanya 44 %, padahal Golput diperkirakan lebih dari itu angkanya. Diduga minimal berkisar diangka 45 %. Apakah ini bukti bahwa rakyat Jateng apatis. Atau justeru menjadi bukti juga bahwa rakyat sudah tidak percaya lagi kepada lembaga demokrasi. Setidaknya kepercayaan terhadap pemilu sudah merosot, sehingga diperkirakan Pemilu 2009 jumlahnya semakin besar.
Banyak dari pemilih sengaja tidak datang ke TPS yang tersedia. Ada beragam alasan mengapa pemilih tidak datang. Ada yang alasan karena bekerja, atau ada kegiatan lain. Namun tidak sedikit juga penduduk Jateng yang ternyata tidak terdata menjadi pemilih dan masuk dalam DPT, padahal mereka ada yang ingin partisipasi dalam pilgub.

Ada juga masyarakat yang dengan sengaja tidak memilih dengan alasan bahwa pilgub tidak memberi manfaat apa-apa bagi mereka. Kata mereka : “ Untuk apa ikut pilihan kalau hasilnya sama dan tidak memberi manfaat apa-apa’’.

Menurut yang sengaja golput, pemilu atau pilgub hanya berguna dan ada manfaatnya bagi orang yang memiliki jabatan, baik di pemerintahan atau partai poilitk. Apalagi banyak masalah rakyat yang tidak bisa diatasi oleh pemerintah, pejabat di pusat maupun di daerah.  

Rakyat kini banyak yang putus asa. Banyak dari mereka yang tidak lagi percaya pada demokrasi dan pemilu sebagai sarananya. Apalagi kondisi  ini diperparah dengan naiknya BBM.  Rakyat juga mencatat bahwa pemerintah tidak lagi mereka rasakan memihak rakyat kecil, terbukti ada berbagai kebijakan yang muncul, yang ujung-ujungnya membuat kehidupan mereka lebih menderita.


Responses

  1. ayo menjadi rakyat kecil yang besar kwalitas sehingga bisa memilah dan memilih mana yang benar dan mana yang salah…

  2. salam kenal..

    parpol harus belajar dari fenomena ini. ada trauma besar ditubuh masyarakat, terutama dengan kegagalan pemerintah “melindungi” rakyatnya.

  3. ya.. begitulah.. milih ga milih sama saja.. makanya mending golput..:D

  4. tlg diinfokan terus update terakhir.

  5. […] pemimpinnya sudah benar benar  pudar… dan salah satu blog saudara setanah air (Nana Sudiana) membahas tentang […]

  6. Salam kenal… Memang itu problem kita sekarang ini… hampir diseluruh pemilihan kepala daerah… Apa rakyat sudah tidak percaya dengan pemimpinnya lagi??

  7. menurut saya mereka yang golput sebenarnya juga punya rasa nasionalisnme yang tinggi. tapi mereka mungkin sudah tidak percaya lagi dengan gubernur,bupati, parpol,mentri,bahkan presiden sekaligus. toh darai dulu udah ganti presiden, mentri, gubernur, bupati dan sebagainya berkali kali tetep aja nggak bikin perubahan kearah kemajuan. malah maaf (masih dan semakin parah) yang dulu nganggur sekarang masih nganggur,yang dulu ga bis sekolahin anaknya sekarang juga sama . .

  8. bagi sebagian besar warga jawa tengah siapapun yang mengomandani provinsi ini mereka tidak mempermasalahkannya. hal ini terbukti pada masa masa sebelum Ali Mufizh menjabat, di Jawa tengah relatip aman dan terkendali , tak prnah ada demonstrasi yang menuntut agar orang no 1 jateng turun, dari fenomena merupakan salah satu mengapa mereka tidak datang ke tps untuk menentukan pilihannya , (pemilu buang duit,tenaga dan waktu, seperti biasa untuk jawa tengah kami yakin bisa). kuwe ari parpole ora kegeden nafsu , Nuwun…….

  9. golput memang fenomena dalam rangkaian pilkada yang terjadi akhir-akhir ini. namun tetap saja banyak pihak terperangah, kenapa yang tertinggi di jawa tengah. tanya kenapa?

  10. Kulo tiang Jateng Asli, kulo nggih mboten nyoblos (Golput) amargi pilihan meniko mboten maringi manfaat babar blasss……
    Paling namung sesumbar janji pas kampanye, sakmangke menawi sampun njabat supe kalian kawulo alit kados kulo meniko


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: