Oleh: Nana Sudiana | 13 Januari 2008

Bagaimana Berpikir & Bertindak Kreatif

Kreatifitas bukan datang dari langit, hanya ditunggu dan diharap terjadi secara tiba-tiba. Kreatifitas bisa diciptakan. Namun banyak orang tidak yakin bagaimana kreatifitas bisa hadir dan terus diolah sehingga menjadi sesuatu yang kadang sampai pada level habbit (jadi kebiasaan). Di bawah ini ada nukilan sederhana agar kita bisa lebih kreatif. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

1.      Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan

Jika Anda percaya sesuatu dapat dilakukan, pikiran Anda akan mencari cara-cara untuk melakukannya. Percaya akan suatu solusi akan melicinkan jalan menuju solusi.Hapuskan kata “tidak mungkin”, “tidak akan berhasil”, “tidak dapat dikerjakan”, “tidak ada gunanya mencoba”, dari pikiran dan kosa kata pembicaraan Anda. 

2.      Jangan biarkan tradisi melumpuhkan pikiran

Bersikaplah menerima gagasan baru. Lakukan eksperimen. Coba pendekatan baru. Bersikaplah progresif dalam semua yang Anda kerjakan. 

3.      Bertanyalah setiap hari kepada diri sendiri : “Bagaimana saya dapat bekerja dengan lebih baik”

Tidak ada batas untuk perbaikan diri. Ketika Anda bertanya pada diri sendiri : “Bagaimana saya dapat bekerja dengan lebih baik”, jawaban yang tepatpun akan muncul. Cobalah dan lihat hasilnya.   

4.      Bertanyalah setiap hari kepada diri sendiri : “ Bagaimana saya dapat bekerja lebih banyak

Kapasitas adalah keadaan pikiran. Mengajukan pertanyaan ini pada diri sendiri membuat pikiran Anda bekerja mencari jalan pintas yang cerdik. Kombinasi yang berhasil di dalam bisnis : Kerjakan apa yang Anda kerjakan dengan lebih baik (Perbaiki kualitas out put Anda), dan : Kerjakan lebih banyak apa yang Anda kerjakan (tingkatkan kuantitas out put Anda). 

5.      Praktekkan bertanya dan mendengarkan

Bertanya dan dengarkan maka Anda pun akan memperoleh bahan mentah untuk mencapai keputusan yang tepat. Ingat : Orang besar memonopoli kegiaatn mendengarkan ; orang kecil memonopoli kegiatan berbicara.   

6.      Bentangkan pikiran Anda

Dapatkan stimulasi. Bergaul dengan orang yang dapat membantu Anda memikirkan gagasan baru, cara baru mengerjakan segala sesuatunya. Berbaurlah dengan orang dari minat pekerjaan dan sosial yang berbeda.  

(Sumber Bacaan : David J. Schwartz dalam Berpikir dan Berjiwa Besar (The Magic of Thinking Big), Binarupa Aksara, Jakarta, 1996, hal. 166-167.)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: