Oleh: Nana Sudiana | 3 Januari 2008

Apa Salahnya Parpol Berkiprah di Lokasi Musibah?

Kasihan juga ya orang parpol. Diam saja saat ada musibah banyak yang nyalahin, parpol kok diam melulu, antu dong. Eh giliran bantu korban musibah, komentar puntak kalah serunya, ”Parpol kok cari perhatian di lokasi musibah”.  Berikut ini setidaknya ada tulisan yang menarik tentang itu, yang dimuat harian joglosemar, Senin, 31 Desember 2007, Silahkan simak. Mudah-mudahan bermanfaat.   

Parpol Bantu Korban Bencana Filantropis atau Politis?

oleh Siti Masudah Isnawati pada 31-12-2007 

Bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi serentak di beberapa kabupaten di Jawa Tengah, kemudian menggerakkan solidaritas seluruh komponen masyarakat, tak terkecuali partai politik untuk turun ke lapangan. Tentunya, hal ini harus dilihat sebagai suatu kewajaran, sebuah bentuk aksi filantropis.

Pengamat politik dari Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata Andreas Pandiangan mengungkapkan, adalah kewajiban bagi partai politik (Parpol) untuk turun lapangan membantu para korban bencana alam. ”Justru suatu kewajiban bagi Parpol untuk turun ke lapangan membantu korban bencana di daerah-daerah,” tegasnya, Sabtu (29/12).

Andreas mengungkapkan, akan jauh lebih berarti jika Parpol tidak sekadar melihat, meninjau lokasi kejadian dan menyampaikan simpati ke masyarakat yang bermuara pada pemberian bantuan logistik, tetapi turun langsung ke lapangan sebagai tenaga lapangan berbaur bersama masyarakat, Polri dan TNI untuk membantu mengevakuasi korban-korban yang belum ditemukan. Sebuah keharusan bagi partai politik untuk berpartisipasi dalam membantu masyarakat yang dilanda bencana. Menurut Andreas, saat ini, janganlah hal itu dilihat sebagai suatu tindakan yang berlebihan karena memang sudah saatnya bagi partai politik bekerja sama masyarakat dan komponen lain mengevakuasi korban bencana.

Manfaatkan Momentum

Namun Andreas mengingatkan kepada partai yang turun ke lapangan tidak kemudian memanfaatkan momentum tersebut untuk mencuri perhatian masyarakat dengan menggunakan atribut dan identitas partai yang berlebihan seperti halnya spanduk dan bendera partai. ”Kalau hanya memakai kaos partai seperti Polri dan TNI, saya rasa tidak masalah. Tapi bendera partai ngga perlu dibawa-bawa,” tegasnya.

Dengan tidak menyertakan atribut partai yang berlebihan dalam kegiatan turun ke daerah bencana ini, maka hal ini akan dimaknai sebagai aksi filantropis (sikap kasih sayang terhadap sesama) semata, bukan sebuah tindakan yang bertendensi seperti halnya ”mengail” simpati publik menjelang Pilkada mendatang. ”Itu yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Kepada partai yang turun ke lapangan tersebut, Andreas mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu bersikap curiga, karena masyarakat membutuhkan pertolongan dengan cepat. ”Jangan terlalu alergi melihat partai yang turun ke lapangan,” tambahnya.

Tidak bisa dipungkiri memang, ketika bencana datang, seketika muncul gerakan penggalangan bantuan. Partai Golkar misalnya. Sejak bencana melanda sejumlah kabupaten di Jawa Tengah, partai ini langsung turun ke berbagai pelosok daerah.

Plt ketua DPD I Golkar Jateng Nurahmad mengungkapkan, Partai berlambang pohon beringin ini sejak tanggal 25 kemarin telah mengirimkan bantuan logisitik dan uang santunan ke DPD II Jateng.

Langkah tanggap bencana kemudian ditingkatkan tidak hanya sekadar menyalurkan bantuan logistik, tetapi juga mendirikan Posko-Posko bencana di beberapa kabupaten seperti di Grobogan, Solo dan Sragen. Rencananya, partai ini akan segera mendirikan Posko bencana di Blora, Kudus, Pemalang, Cilacap dan Wonogiri. Ada dapur umum dan balai pengobatan. (Siti Masudah Isnawati)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: