Oleh: Nana Sudiana | 24 Desember 2007

MENYIASATI SEBUAH PERSAINGAN

Menyusun Kerangka Kerja

Jika Anda ingin mengendalikan tekanan persaingan—atau ingin menggoyahkan pesaing—Anda harus meletakkan sebuah landasan yang kuat untuk usaha Anda. Tugas pertama adalah memilih lawan yang berharga (atau juga besar). Kemudian memilih pendekatan tepat untuk menyelami lawan Anda ini. Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini : Siapa Anda, Siapa konsumen Anda, dan siapa pesaing Anda.

Lawan Yang Besar

Dalam hukum persaingan, lawan yang besar akan membuat kita besar. Sebaliknya lawan yang kecil hanya akan menguras energi kita saja. Dalam hukum persaingan itu pula sebenarnya terdapat beberapa nilai positif sebuah persaingan :

  1. Menumbuhkan sebuah kepuasan ketika akhirnya menang dalam persaingan
  2. Menumbuhkan keunggulan

Dalam memilih pesaing, timbul pertanyaan, bagaimana memilih pesaing?

Mengenali Diri

  1. Mendefinisikan identitas lembaga Anda
  • Usaha apa yang sesungguhnya digeluti oleh perusahaan Anda?
  • Dimana Anda melihat perusahaan Anda dalam 5, 10 atau 15 tahun mendatang
  • Jika seorang konsumen tidak menggunakan Anda, kepada siapa dia akan berhubungan?
  1. Mendefinisikan produk dan jasa Lembaga Anda
  • Manfaat apa yang sesungguhnya diberikan oleh produk atau jasa Anda?
  • Apa saja alasan terpenting konsumen terbaik membeli dari Anda?
  • Bagaimana posisi produk Anda di pasar—tinggi,rendah, menguasai harga, dan sebagainya?.
  • Jika seorang calon tidak membeli produk atau jasa Anda, apa yang dibelinya?
  • Apakah konsumen Anda menggunakan produk Anda dengan cara-cara yang tidak Anda duga? Apakah di sana terdapat peluang?

Mengenal Konsumen

  1. Selidiki konsumen Anda
  2. Mendefinisikan konsumen Anda
  3. Berikan tekanan
  4. Mengenal Musuh
  5. Menghadapi persaingan
  6. Mendefinisikan Identitas Pesaing

Teknik-teknik untuk mengetahui Pesaing Anda :

  1. Berpura-pura menjadi konsumen/investor pesaing
  2. Bertanya kepada konsumen pesaing
  3. Memiliki minat baca yang besar dan luas
  4. Menghadiri berbagai acara atau pertemuan pesaing
  5. Bertanya kepada pihak lain yang relevan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: