Oleh: Nana Sudiana | 22 Juni 2008

HASIL PILKADA JAWA TENGAH

Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah hari ini digelar. Pilkada Jateng diikuti oleh sekitar 25.859.906 jiwa berdasarkan data pemilih tetap Komisi Pemilihan Umum Jateng. Secara umum, pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jateng ini berjalan lancar.

Walau proses Pilkada Jateng untuk memilih gubernur dan wakil gubernur belum berakhir, setidaknya hasil quick count (penghitungan cepat) beberapa lembaga survei telah menunjukan gambaran siapa yang menang di pilgub kali ini.

 

Quick Count Versi LSI

Dalam proses qiuck count kali ini, Lembaga Survei Indonesia (LSI) bekerja sama dengan Metro TV. Hasil yang diperoleh LSI menunjukan pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih memenangi prosentase perolehan suara terbesar. Bibit dan Rustriningsih yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini meraih 42,3 persen suara. Sedangkan posisi kedua diraih pasangan Bambang Sadono dan Mohammad Adnan. Pasangan nomor urut satu yang disokong Partai Golongan Karya ini memperoleh 22,54 persen.

 

Perolehan suara terbanyak ketiga diraih M. Tamzil -Abdul Rozaq dari Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional. Pasangan ini meraih 12,57 persen. Tempat keempat diisi pasangan Sukawi-Sudharto. Pasangan dengan nomor urut tiga dari Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera ini meraih 14,44 persen. Sedangkan pasangan nomor urut dua, Agus Soeyitno-Abdul Kholiq berada di posisi lima perolehan suara versi LSI. Pasangan yang didukung Partai Kebangkitan Bangsa meraih 7,14 persen.

 

Quick Count Versi Puskaptis

Selain LSI, pihak yang melakukan quick count di pilgub Jateng adalah Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis). Hasil quick count Puskaptis untuk pemilihan Gubernur Jawa Tengah menyatakan bahwa pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih unggul. Bibit-Rustriningsih unggul 39,13 persen, Bambang S-Adnan 23,51 persen, Sukawi-Sudharto 17,64 persen. M Tamzil-Rozaq 14,03 persen, dan pasangan Agus -Kholiq Arif mencapai 5,69 persen.

 

Hasil ini menurut Puskaptis merupakan hasil penghitungan suara akhir pemilihan gubernur Jawa Tengah yang telah ditutup pada pukul 15.20 WIB (22/06/08). Saat ini pihak Puskaptis tengah mempersiapkan jumpa pers sekaligus menginformasikan pada publik hasil quick count yang telah selesai dilaksanakan.

 

Bibit adalah purnawirawa TNI berpangkat terakhir letnan jenderal. Lelaki kelahiran Klaten 59 tahun lalu ini pernah menjabat Panglima Daerah Militer IV Diponegoro, Pangdam Jaya dan puncak karier militernya adalah Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad). 

 

Sedangkan wakilnya, Rustriningsih adalah bupati Kebumen. Wanita kelahiran Kebumen, 3 Juli 1967 ini menjadi perempuan bupati pertama di Kebumen sejak 2000. Ia adalah sarjana FISIP Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan S2 Magister Administrasi Negara Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebelum menjadi bupati ia menjabat Ketua DPC PDIP Kebumen sekaligus anggota Fraksi PDIP MPR 1999-2000.

About these ads

Responses

  1. Saya senang bibit menang. Lebih senang lagi calon yang mencuri start kampanye setahun sebelumnya kualah.

  2. Demokratisasi di Jateng lumayan ok. Walaupun sama-sama besar jumlah antara pemilih (sekitar 54 %) dan golput (sekitar 46%) namun suasana kondusif. Semoga fenomena golput khususnya di Jateng menjadi perhatian serius bagi mereka yang berambisi menjadi wakil rakyat di Pemilu 2009. Selamat buat pasangan Bibit-Rustri !

  3. menyaksikan pilkada Jateng,pasti banyak yg menaruh harapan akan kesuksesan proses demokrasi di Jateng ini. untuk sementara pilkada ini berjalan sangat tenang, mudah2an pilkada jateng dpt memberikan contoh kedewasaan berdemokrasi bagi daerah2 lain, hasil apapun adalah pilihan rakyat yg terbaik dan menang kalah adalah hal lumrah dr sebuah kompetisi. Semoga warga jateng mendapatkan pemimpin yg bs diharapkan warga, bukan yg mengharapkan warga…Bravo Jateng!!

  4. [...] dari : nsudiana.wordpress.com [...]

  5. moga berjalan lancar dan tidak terjadi kerusuhan

  6. Kalau bibit-rustriningsih menang berarti pendukung pdip sudah pada balik kandang. kabar baik buat mbak mega, tapi jangan kecewakan lagi dong para pendukungmu di Jateng.

    Salam Merdeka

  7. kita semua senang, pilkada di jateng berjalan dengan tenang dan aman, walau begitu, ternyata angka golput cukup tinggi di pilkada ini. mudah-mudahan ini bukan apatisme masyarakat thd mekanisme demokrasi.

  8. slamat untuk pasangan pemenang pil gub,
    tapi misi dan visi harus dijalankan……….rakyat menunggumu pak………..

  9. Semoga Jatim dan Bali PDIP juga menang

  10. Kemenangan di kandang memang menyenangkan

  11. Kemenangan bibit, ya agakny menunjukkan bahwa hanya calon it yang paling bisa dipercaya banyak org rakyat jateng, calon ni jauh dari bau politik. Kenetralan dr konstelasi politik. Partai harus membenahi diri, karna kepercayaan pada partai sudah runtuh. Figur personal ni harus didukung kinerja yg bagus untuk menunjukkan perbedaan prestasi antara figur personal dg figur partai. Jadi ni bukan kemenangan pdip.. Ni kemenangan rakyat.

  12. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: