Oleh: Nana Sudiana | 10 Januari 2008

Bagaimana Bisa Memahami Wanita

Kedengarannya judul ini sederhana, namun ternyata banyak ayah, suami, sahabat, atau keluarga yang bertahun-tahun tidak mampu memahami seorang wanita. Dalam perilaku keseharian seorang lelaki, masih sangat banyak wanita merasa tersia-sia, tak berharga dan terasing. Siapa yang salah kalau begini, apakah para lelakinya—yang dianggap tidak mau peduli dan empati—atau kita salahkan saja wanita, yang tidak mau mengerti lelaki.

Salah satu sifat seorang muslim ideal adalah salah satunya ia mampu memperlakukan wanita dengan baik. Intinya menjadikan wanita makhluk mulia yang juga dimuliakan. Ingat ketika ada seorang sahabat yang bertanya pada Rasulullah, “ya Rasulullah, siapa yang aku harus hormati dan dimuliakan”, jawaban Rasul adalah “ibumu,…ibumu,…dan ibumu”.

Dengan begitu, menjadi sebuah keniscayaan kalau kita juga berusaha semaksimal mungkin menghormati wanita, bahkan kalau perlu memuliakan mereka. Pertanyaannya, bagaimana kiat memahami wanita.

1. Pahami bahwa wanita memang beda

Wanita kadang bagi pria sulit bisa dipahami. Orang bisa saja telah menikah dan mungkin telah bertahun-tahun bergaul dengan wanita. Namun, yakinkah bahwa ia telah mengenal dan memahami wanita dengan baik. Belum tentu, tidak ada jaminan panjangnya usia perkawinan menjadi sebuah kepastian bahwa seorang lelaki telah memahami wanita. Dalam konteks ini, salah satu kunci memahami wanita kita harus menyadari bahwa mereka adalah “makhluk yang berbeda”, maksudnya, berbeda dalam cara pikirnya, dari pria, berbeda secara hormonal dan tentu saja secara fisik berbeda pula. Emosinya juga, yang mengalir dari tubuhnya jelas juga tidak sama.

2. Bersabar atas ketergesaan dan emosional wanita

Kata sebuah riwayat, wanita berasal dari tulang rusuk Nabi Adam AS. Karakter tulang rusuk ini sendiri memang unik. Dibiarkan ia akan bengkok alias melengkung. Ditarik terlalu keras ia akan patah. Jadi kalau sampai detik ini anda belum memahami wanita, bersabarlah, dan tetaplah berbuat baik. Siapa tahu dengan kesabaran baja yang kita miliki, kita pada akhirnya mampu menemukan celah-celah dalam memahami dan mengenali seorang wanita dengan baik.

3. Sadari bahwa ada manfaat yang besar saat pria mampu memahami wanita

Ada begitu besar manfaat yang didapat saat seorang pria memahami wanita. Salah satu buah dari kemampuan ini adalah ia akan dengan mudah mengetahui keinginan wanita. Begitu tahu tentang keinginan wanita, maka seorang pria akan lebih bisa diterima dan menjalin komunikasi, hubungan, abhkan ikatan dengan seorang wanita. Dengan memahami wanita, maka pria tersebut akan menjadi pria yang lebih baik ketika bersosialisasi dan bercengkerama dengan wanita. Sebaliknya, seorang pria yang mampu memahami wanita, sebaiknya ia juga membuka diri agar juga mudah dipahami wanita. Manfaat ketika wanita mengetahui keinginan seorang pria juga tak kalah sedikit? Dengan mengetahui sesuatu yang menjadi keinginannya, maka wanita akan mampu memahami dirinya sendiri. Karena terkadang ketidakmampuan wanita dalam memahami dirinya, akan menyebabkan kesulitan komunikasi dengan pria, baik dalam konteks pertemanan ataupun dalam konteks pasangan hidup saat ia berkeluarga.

4. Pahami Wanita Secara Sederhana

Kalau ingin memahami wanita, gunakan bukan cara dalam kaca mata wanita. Gunakan saja cara pria. Dan jangan lupa, memahami wanita tidak sekedar memahami apa adanya. Memahami wanita butuh sentuhan khusus dan gaya. Artinya keinginan wanita sebenarnya that’s quiet simple. Tapi pada kenyataannya banyak pria tidak memahami keinginan wanita. Banyak pria tak mampu memahami keinginan wanita, dan banyak pula wanita gagal ketika menyampaikan keinginannya kepada pasangan. Terkadang wanita berpikir, “Men are so egois.

Pada saat yang sama, banyak pria berpendapat : “Buat apa gue susah-susah memahami keinginan wanita?” Jawabannya adalah untuk cinta. Tidakkah para pria sadar ketika pria mengetahui keinginan wanita, maka dia akan dapat mencintai wanita dengan lebih baik. Selain itu, pria akan dapat pula memanipulasi wanita. So, men are being manipulator for women? Hmmm. Jangan berpandangan bahwa manipulator akan selalu negatif. Menjadi manipulator yang baik, yaitu pria yang mampu menggerakkan cinta dari pasangannya. Manipulator dapat memainkan peran sebagai pasangan yang mampu mengerti dengan empati. Manipulator dapat menggunakan semua karakter positif yang dimiliki oleh pasangannya. Manipulator dapat menyelewengkan semua karakter negatif yang dimiliki pasangannya. Manipulator dapat menjadi dalang (mendalangi), pemimpin dalam sebuah perjalanan cinta.

5. Tuluslah dalam mencintai Wanita

Seluruh kesulitan pria saat menghadapi beratnya persoalan memahami wanita akan hilang seketika begitu ia mempersembahkan ketulusan dan kesucian cintanya. Maksudnya, sejumlah ketidakmengertian akan segera terkalahkan manakala cara pandang yang digunakan tidak sekedar ingin dimengerti dan ingin dipahami semata. Justeru kerelaan berkorban, berbagi serta memuliakan wanita akan meluluhkan benteng-benteng kekakuan hubungan yang terjalin antara pria dan wanita.

Tetaplah mencintai wanita dengan apa adanya, tulus dan penuh kesucian. Mereka juga nanti pasti akan dengan rela membuka pintu-pintu perasaan, pikiran, keinginan serta kesetiaan pada para suami mereka (jika mereka adalah suami isteri).

Wallahu’alam, bishowwab.

About these ads

Responses

  1. menyampaikan pesan lewat blog memang sala 1 media yg efektif guna memberikan pesan kepada masyarkat yg membutuhkannya.palagi pk hidayat adalah seorang mantan presiden PKS yg nota bene merupakan partai dakwah dengan mengandalkan kekuatan tarbiyh.maka kewajiban sudah pasti akan disandangnya dari dulu ke mengingat hal tersebut

  2. memang yang namanya memahami seorang wanita itu agak sulit terutama buat saya yang pemula dalam masalah kaya gini,say tau gimana keadaan wanita yang pengen kita pahami,n’pengen bisa saling berkomunikasi tapi kenapa yach kalau yang saya rasakan sendiri ketika berbicara dengan lawan jenis yaitu wanita perasasaanteh deg degan kaya gitu duh gimsns yach cara mengatasi hal kaya gini????

  3. MAKASIH

  4. Komunikasi… Baik verbal maupun tertulis. Itulah yang paling penting

  5. Salam sukses,
    Artikel yg menarik,
    sy ingin bertanya,
    bagaimana memahami wanita yg egois.
    trims sblm y

    • memahami wanita yang egois memang butuh tantangan tersendiri, yang jelas kunci utamanya ada pada kesabaran kita berkomunikasi serta kesadaran untuk bisa membangun harmoni dengan orang lain, termasuk dengan wanita yang mungkin kata orang disebut egois.
      sebenarnya, kalau kita mampu melewati tantangan tsb, egoisme ini dengan sendirinya akan mencair.
      terima kasih

      • luar biasa,
        memang kesabaran bisa membuat kita bisa menyelesaikan sebuah masalah,
        termasuk menghadapi wanita yang egois.
        terima kasih mas nana,
        saya terbantu sekali

  6. Bagus deh…. jadi pengen copy dan share ke teman2 pria,hehehe….

  7. Terima kasih infonya sangat bermanfaat buat saya sebagai lelaki yang penuh dengan kekurangan dalam memahami wanita.!

  8. bener gag??

    klo bwat aQu… (krn aq wanita)

    kbahagiaan wanita ketika pria nya mampu memperjuangkan cinta dan apa yg ada di hatinya.

  9. terima kasih atas teori yang telah diberikan pada kami,

  10. wanita memang unik, bagaikan kita memahami bayangan. bayangan? itu nyata?

  11. Setuju deh dengan Artikelnya,..
    Tp aku mau tanya tentang memahami wanita,,sbetulnya aku bisa membaca keinginan wanita,,dan biasanya kbanyakan cewe’ sangat nyaman sama aku,,. Tapi masalahNya,, kok aku masih jomblo ya..??hehhee.
    Kira2 apa nih yang salah..??

  12. terimakaksih ya, karena sekakrang aku pengen jadi pria yang mengerti wanita

  13. ..yah..mahluk yang sangat sulit ditebak..

  14. thnk gan

  15. wanita suka pake pantat berfikir ,makanya keputusannya sering bau

  16. aku takutnya ada ,makin faham wanita makin banyak nanti wanita korban .hahahaha

  17. Mantap banget artikelnya.
    saya setuju banget sama pendapat semuanya.
    kesabaran, rela berkorban, mau berbagi dan keterbukaan jadi kunci utama memahami soerang wanita.
    Mau berpendapat aja, kalau kita ingin disukai seorang wanita sebelumnya kita harus rela berkorban menjadi sosok yang wanita tersebut sukai.

    Thanks mas artikelnya sangat membantu.

  18. memang kesabaran dalam memahami wanita sangat dibutuhkan
    wanita memang unik dan misterius

  19. bang..apakah dengan bersabar kita pasti dapat wanita yang kita inginkan??

  20. bisa gue praktekin nich,thank bngt buat pencerahannya!!

  21. wak susahnya berkomunikasi yang saling bs memahami, mengutamakan wanita dan mengalah adang belum cukup. berpasrah sm allah sj yg maha menciptakan. biar kita laki-laki ga stress

  22. Thank info nya!
    Trus gmana cra ngatasin cewek yg udah kcewa sma kta?

    Trimksh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: